Tujuan utama dari sebuah usaha adalah untuk
mendapatkan profit atau keuntungan. Seorang pengusaha tentu harus memfokuskan
segala upayanya untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Sayangnya, banyak
pengusaha yang hanya menggunakan satu jurus untuk mendapatkan profit. Padahal,
ada banyak jurus lain yang lebih mudah untuk dilakukan.
- Menaikkan harga
Ini adalah jurus yang paling mudah yang
bisa dilakukan. Anda bisa menaikkan harga produk Anda, misalnya 10 % dari harga
semula. Kenaikan 10 % ini akan menaikkan juga pendapatan Anda lebih dari 10 %.
Misalnya harga produk Anda 100, profit 20 % adalah 20. Jika Anda menaikkan
harga 10 % menjadi 110, profit Anda menjadi 30. Anda bisa lihat, sebelum
dinaikkan profit Anda 20. Tapi setelah dinaikkan menjadi 30. Kenaikan profit
Anda 50 % dari profit semula
-
jenis
produk
-
harga
pesaing
-
kondisi
ekonomi
-
variasi
produk
-
dll
Anda bisa melakukan tes, untuk mendapatkan
kenaikan harga yang pantas
Biasanya pengusaha kurang berani untuk
menaikkan harga. Ia khawatir jika harga dinaikkan, barangnya tidak laku atau
omzet akan menurun. Apalagi jika salesnya tahu, mereka akan berkeluh kesah
kepada pimpinan, khawatir juga omzet akan menurun. Karena itu, sebelum
menaikkan harga Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa menaikkanharga.
Alasan yang kuat misanya :
-
semua
pesaing sudah menaikkan harga
-
barang
Anda memiliki manfaat yang besar, melebihi harga yang Anda tawarkan
-
produk
Anda unik, tanpa pesaing
-
harga
bahan baku naik, sehingga
tidak mungkin kalau harga jual produk tidak dinaikkan,
-
dan
lain-lain
- Meningkatkan jumlah customer baru
Cara ke dua untuk
meningkatkan profit usaha adalah meningkatkan jumlah customer baru. Cara ini
adalah cara yang paling umum kita lakukan. Dan sepertinya, cara ini banyak
menyita waktu kita untuk meraih profit.
Bagaimana cara untuk
mendapatkan customer baru ? berikut ini beberapa langkah yang biasa kita
lakukan :
-
Menambah
biaya marketing. Dengan harapan, jika biaya ditambah, customer baru juga
bertambah
-
Mencari
media alternative untuk pemasaran. Ini dilakukan jika media lama dianggap
kurang efektif atau bisa juga untuk membantu media lama.
Meningkatkan
customer baru adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan profit perusahaan.
Tapi jangan lupa pada langkah berikut ini ….
- Meningkatkan Jumlah Pembelian Per Customer
Jangan
hanya mencari customer baru, sementara customer lama Anda lupakan. Customer
lama merupakan orang yang sudah memiliki kepercayaan kepada Anda. Karena itu
menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pembelian dari customer lama daripada
customer baru.
Beberapa metode untuk meningkatkan jumlah
pembelian per customer antara lain :
-
Up
selling, artinya menawarkan spesifikasi yang lebih besar dengan harga yang
lebih mahal. Misalnya Anda menjual computer. Seorang konsumen datang ingin
membeli computer dengan harga 3 jutaan. Maka, tawarkan computer yang lebih
tinggi spesifikasinya dengan harga yang lebih mahal. Jelaskan
manfaat-manfaatnya yang sesuai dengan harapan konsumen tadi
-
Cross
selling, artinya menawarakn produkyang melengkapi produk utama yang dibeli
customer Anda. Misalnya, pembeli computer ditawari asesoris computer. Pembeli
makanan di warung, ditawari juga minuman dan makanan pembuka.
-
Meningkatka
frekuensi pembelian.. Maksudnya, Anda bisa meningkatkan frekuensi pembelian
customer dalam jangka waktu tertentu. Kalau saat ini customer membeli 1 bulan
sekali, tingkatkan menjadi satu bulan lima
kali
Yang selalu harus kita ingat adalah, biaya
untuk “merawat” customer lama jauh lebih rendah daripada biaya untuk
mendapatkan customer baru. Karena itulah di dunia bisnis ada Customer
Relationship Management (CRM)
- Menjadikan Customer Anda sebagai pemasar
Anda
ingin meningkatkan profit dengan cara GRATIS dan menyebar seperti virus ?
inilah caranya. Jadikan customer Anda sebagai pemasar produk Anda. Maksudnya
bagaimana ? Berawal
dari kepuasan customer akan produk dan pelayanan yang Anda berikan, ia akan
dengan sukarela menyebarkan usaha Anda ke orang lain. Ini juga yang disebut
pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth). Berdasarkan penelitian, orang
akan jauh lebih percaya membeli produk Anda jika ada yang mereferensikan. Dan
Anda bisa membayangkan, jika satu customer Anda memiliki relasi ratusan orang
atau bahkan ribuan orang, berapa customer baru yang akan Anda dapatkan.
Terlebih saat ini era internet dan SMS.
Karena itu,
kepuasan pelanggan harus Anda wujudkan di bisnis Anda. Produk dan pelayanan
Anda harus mampu menjadikan customer memiliki loyalitas tinggi. Dan pada
akhirnya produk dan pelayanan Anda harus bisa menjadikan customer sebagai
pemasar Anda
sumber : http://alarief.com/4-jurus-mudah-menaikkan-profit-bisnis-anda.htm
No comments:
Post a Comment